TUd5BSO0BSA6Gfz9TUOlGUW5GA==

Cara Cek Aki Mobil Masih Bagus Atau Tidak!!!!!

 


3 Cara Cek Aki Masih Bagus Atau Tidak

Bagaimana cara cek aki masih bagus atau tidak? Perlu diingat tidak dianjurkan untuk membongkar mobil secara mandiri. Alasannya karena bisa saja tidak sengaja merusak beberapa komponen saat ingin mengecek aki.

Bukankah lebih baik menyerahkannya kepada teknisi berpengalaman daripada mengerjakannya sendiri? Itu sebabnya harus segera membawa mobil ke bengkel mobil saat menemukan masalah.

Namun bagaimana jika  berada dalam keadaan darurat dan tidak bisa membawanya ke bengkel? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan tanpa membongkar mobil. Simak cara-caranya di bawah ini.


3 Cara Cek Kondisi Aki Mobil Masih Bagus atau Tidak

Saat Anda berada dalam kondisi mendesak seperti mobil tiba-tiba mati atau tidak bisa menyala maka jangan langsung panik. Kepanikan hanya membuat Anda tidak bisa berpikir jernih untuk mencari solusi. Tenangkan diri Anda dan coba lakukan tiga hal berikut ini.

1. Lihat Indikator Elektrolit

Indikator elektrolit bisa dilihat pada bagian kap mobil depan. Tidak perlu membongkar bagian apa pun. Langsung saja perhatikan bagian atas dari aki mobil, seharusnya Anda akan melihat indikator tersebut.

Apabila Anda melihat indikator berwarna biru maka aki masih dalam keadaan baik. Tetapi jika warna indikator merah atau putih maka tandanya aki sudah tidak bagus.

2. Perhatikan Lampu Indikator

Selanjutnya terdapat lampu indikator di dalam kabin mobil, khususnya di bagian dashboard area kemudi. Indikator lampu seharusnya menyala ketika Anda memasukkan kunci mobil dan memutarnya.

Tanpa harus terlebih dahulu distarter, seharusnya semua lampu indikator di area dashboard menyala. Tetapi jika Anda menemukan lampu indikator aki tidak menyala maka ini adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

3. Coba Hidupkan Mobil

Terakhir, Anda bisa mengeceknya dengan menghidupkan mobil. Jika Anda menemukan bahwa mobil tidak menyala dalam beberapa waktu maka ada kemungkinan bahwa aki sudah kurang baik.

Type above and press Enter to search.