TUd5BSO0BSA6Gfz9TUOlGUW5GA==

7 Cara Budidaya Ikan Arwana, Pasti Berhasil!!!

 


Koranupdate.com - Penangkaran arwana bisa dilakukan di akuarium atau di kolam terpal. Caranya pun tidak ribet, sehingga pemula pun bisa melakukannya.

Selain itu, arwana merupakan salah satu ikan akuarium termahal di dunia, sehingga potensi penghasilannya besar. Meski merupakan tanaman termahal di dunia, namun hampir semua pecinta  arwana  ada di seluruh dunia.



Cara Budidaya Ikan Arwana Agar Keuntungan Besar


1.  Persiapan Penangkaran 

Arwana dapat dipelihara dalam jumlah sedikit di akuarium. Anda juga bisa menggunakan kolam jika punya banyak. Berhati-hatilah terhadap akuarium dan kolam tempat tinggal arwana. Solusi yang mungkin dilakukan adalah batu-batu kecil dan tanaman. Jika luas akuarium minimal 10 x 30 meter, maka panjang akuarium minimal 2 meter dan lebar 70 cm.

2. Perhatikan Air 

Agar budidaya ikan berhasil, kualitas harus diperhatikan. Pastikan  pH sekitar 6 atau 7 dan suhu sekitar 26-30°C. Jangan lupa untuk menyediakan sistem drainase agar ikan anda nyaman berada di habitat yang anda buat.

3. Pilih Jenis Ikan 

Cara beternak arwana selanjutnya adalah dengan memilih jenis ikannya. Pilihlah ikan yang berumur sekitar 4 tahun, sehat, dan berwarna cerah. Anda bisa memperluas pengetahuan Anda dengan berkonsultasi dengan petani arwana lainnya.

4. Isolasi Indukan 

Tahap keempat adalah proses pembibitan. Pilih ikan terbaik yang Anda suka dan mulailah mencari pasangan. Musim kawin biasanya pada bulan Juli dan Desember. Tidak perlu bingung. Anda dapat melihat apa yang dilakukan ikan ketika mereka menempelkan kepalanya ke ikan lain. 

Hal ini menandakan bahwa ikan tersebut sudah hampir berkembang biak dan siap kawin. Dapat dipisahkan dari ikan lainnya. Jangan lupa  untuk menyiapkan tempat berlindung bagi tanaman dan telur ikan agar arwana bisa berkembang biak lebih banyak lagi.
 
5. Perawatan Ikan Kecil 

Ikan arwana kecil bisa diberi makan cacing pita hingga  mencapai ukuran 12 cm. Jika sudah besar, mereka bisa dipindahkan ke kolam lain agar induknya tidak memakannya.

6. Pemberian Pakan 

Pakan arwana dewasa dengan diet tinggi protein. Misalnya pelet yang mengandung protein 32%  juga menyediakan pakan hidup seperti udang kecil, rajungan, ikan kecil, potongan daging, dan ikan mas.

7. Perawatan dan Pemanenan 

Pemanenan memerlukan waktu kurang lebih 7 sampai 8 bulan. Namun ketika berumur dua bulan dan memiliki panjang 12 hingga 20 sentimeter, arwana mulai menunjukkan warna cerahnya.


Oleh karena itu banyak sekali masyarakat yang tertarik dan ingin membelinya. Budidaya arwana mudah dilakukan baik pemula maupun senior, keduanya  bisa menghasilkan pendapatan puluhan juta per bulan. Yang terpenting adalah memahami tahapan budidaya  arwana dari awal hingga panen.


Type above and press Enter to search.